Pernyataan Sikap Tentang Kasus HTI

0

Logo IKAPMIIPENGURUS CABANG
IKATAN ALUMNI PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA
(PC IKA-PMII) JEMBER
Sekretariat : Jl. Semeru Gang Bukit Indah No. 08 Sumbersari Jember, Jawa Timur
CP : 08123593169 (Taufiq) dan 08123491390 (Rosyid)

PERNYATAAN SIKAP PC IKA-PMII JEMBER TERHADAP KASUS PEMBUBARAN
ACARA HIZBUT TAHRIR INDONESIA (HTI) DI JEMBER
Nomor: 010/PC.IKA-PMII/AI/02/05/16

Kepada Bupati Jember
Di Jember

Bismillahirrahmaanirrahiim
Pertama, bahwa menjunjung tinggi kehidupan sosial-masyarakat yang tertib dan damai dengan berlandaskan ideologi Pancasila, UUD 1945 merupakan sesuatu yang mutlak sifatnya. Seiring dengan itu, penegakan komitmen dan kesetiaan terhadap NKRI serta kebhinekaan bangsa merupakan bentuk keharusan struktural, yang mengikat sepenuhnya bagi seluruh elemen bangsa yang tidak dapat ditawar-tawar sifatnya.

Kedua, sehubungan dengan hal itu hadirnya beberapa organisasi masyarakat (ormas) dalam bentuk apapun dan dengan agenda apapun haruslah dikembalikan pada komitmen pada ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan kebhinekaan bangsa tersebut. Oleh karena itu, jika terdapat organisasi masyarakat (ormas), baik dari sisi eksistensi dan agenda kelembagaannya tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Kebhinekaan, maka organisasi masyarakat (ormas) tersebut wajib ditertibkan secara struktural oleh pemerintah atas nama negara.

Ketiga, bertolak dari hal itu, kami memandang bahwa kasus bentroknya pihak Polres Jember dengan Banser Jember dalam kasus pembubaran acara HTI Jember merupakan bentuk kesalahpahaman yang semestinya tidak boleh terjadi dan sepenuhnya kami menyesalkan atas kejadian tersebut. Kejadian tersebut sepenuhnya dapat dihindari jika sedari awal terdapat komitmen dan sikap yang tegas dari aparatur berbasis negara yang berwenang mengambil tindakan tersebut secara tepat dan benar. Untuk itu, kami mendesak Kapolres Jember mengusut tuntas semua bentuk kegiatan organisasi masyarakat (ormas) yang ditengarai merongrong ideologi Pancasila dan keutuhan NKRI.

Keempat, kami memandang bahwa HTI dan organisasi masyarakat (ormas) apapun dengan berbagai wajahnya yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan komitmen kebhinekaan bangsa haruslah diambil sikap yang tegas sebagai langkah-langkah penertiban, pelarangan, sampai dengan pembubaran. Untuk itu, kami mendesak Bupati Jember mengambil langkah-langkah konkret berupa penertiban, pelarangan, dan pembubaran HTI dan organisasi masyarakat (ormas) apapun dengan berbagai wajahnya yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan komitmen kebhinekaan bangsa.

Demikian pernyataan sikap PC IKA-PMII Jember, semoga kejadian tersebut tidak terulang lagi. Bagaimanapun kejadian tersebut menunjukkan terjadinya krisis sebagai bangsa.

Wallahul Muwaffiq Ila Aqwamith Thorieq
Jember, 02 Mei 2016

Pengurus Cabang
Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia
(IKA-PMII Jember)

Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd                                    Dr. Rosyid. M.Si., MP.
Ketua Umum                                                                   Sekretaris Umum

Tembusan Yth:
1. Ketua DPRD Jember;
2. Kapolres Jember;
3. Kepala Kejaksaan Negeri Jember;
4. Kepala Pengadilan Negeri Jember;
5. Ormas;
6. Pers.

DOWNLOAD FILE

Respon Pembaca

9.0 Awesome
  • 9
  • User Ratings (0 Votes) 0
Share.

About Author

Redaktur pelaksana website PC IKA-PMII Jember. IKA PMII Jember Merupakan wadah bagi alumni dan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia untuk wilayah Jember dan Sekitarnya

Comments are closed.