Usul Gelar Pahlawan Nasional Kepada Syaikhona Kholil Bangkalan

0

Dukungan pengusulan gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil Bangkalan terus bergulir, kali ini datang dari Pengurus Cabang (PC) Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKAPMII) Kabupaten Jember.

Sebelumnya, pada Rabu (03/02) PDI Perjuangan Kalimantan Barat mendukung pengusulan Syaikhona Kholil Bangkalan menjadi pahlawan nasional.

“Saya mengapresiasi sepenuhnya atas dukungan pengusulan gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil Bangkalan atau tepatnya nama beliau Syaikh Muhammad Kholil bin Abdul Lathif Basyaiban oleh PDIP Kalimantan Barat,” kata ketua PC IKAPMII Jember, Akhmad Taufiq, Jumat (05/02/2020).

“Tentu, ini merupakan perhatian dan langkah yang luar biasa, yang diberikan PDIP Kalimantan Barat, yang insyaallah mendapatkan dukungan sepenuhnya dari DPP PDIP,” imbuhnya.

Taufiq menuturkan, dukungan pengusulan gelar pahlawan nasional ini juga memberi arti, bahwa partai ini, yakni PDIP memiliki perhatian yang besar dan sungguh-sungguh untuk semakin memperkuat spiritualitas bangsa ini. Membangun bangsa ini, juga berarti harus membangun spiritualitasnya.

“Anugerah gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil tidak dapat dipungkiri adalah memberikan pondasi dan pijar spiritualitas yang terus-menerus memberikan pancaran cahaya bagi bangsa yang kita cintai ini,” kata Dosen Universitas Jember ini.

Ia menambahkan, sungguh tepat dukungan pengusulan gelar pahlawan nasional oleh PDIP Kalimantan Barat untuk beliau. Satu moment Kebangsaan untuk kembali memberikan penguatan spiritualitas bangsa, di tengah bangsa Indonesia saat ini mengalami ujian yang begitu berat di berbagai sektor.

“Kita ketahui, bahwa Syaikhona Kholil telah menjadi wasilah lahirnya tokoh-tokoh besar bagi bangsa ini; ketokohan K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Abdul Wahab Hasbullah, dan sekian tokoh-tokoh yang lain memberi pijar spiritualitas di Nusantara ini secara lebih luas,” ungkap Taufiq yang merupakan Wakil Ketua PC NU Jember.

Lebih lanjut, dukungan pengusulan ini perlu diikuti dengan langkah konkret. Pertama, penyusunan naskah akademik usulan gelar pahlawan nasional untuk Syaikhona Kholil. Kedua, pembentukan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), dan kemudian akan ditindaklanjuti oleh Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Tingkat Pusat (TP2GP), sesuai dengan PP Nomor 35 Tahun 2010 dan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 15 Tahun 2012.

Inisiasi dimulai dari Fraksi Nasdem DPRD Provinsi Jawa Timur yang dimotori secara langsung oleh R Nasih Kh Abdullah Schal cicit dari Syaikhona Kholil Bangkalan.

Sumber: jatim.beritabaru.co

Share.

About Author

Redaktur pelaksana website PC IKA-PMII Jember. IKA PMII Jember Merupakan wadah bagi alumni dan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia untuk wilayah Jember dan Sekitarnya

Comments are closed.