Kasus Relokasi Irigasi PT. Semen Imasco Asiatic Jalan di Tempat

0

Hampir dua bulan semenjak aksi Tolak Relokasi Saluran Irigasi oleh PT. Semen Imasco Asiatic, pada Senin (09/03/2020) yang di ikuti oleh ratusan petani dan kader PMII se-Jember, hingga sampai saat ini tidak ada tindak lanjut yang pasti dari pemerintah kabupaten. Petani Puger merasa geram dan ragu terhadap wakil rakyat. Begitu juga dengan PC PMII Jember beranggapan pemerintah tidak memiliki keberpihakan terhadap masyarakat kecil.

Hal ini di sampaikan oleh Alvian Zaenal Anshori, selaku Pengurus Cabang PMII Jember. “Ditengah pandemi Covid-19, pemerintah tak memiliki hati dan nurani terhadap nasib petani Puger. Sampai saat ini relokasi belum di kembalikan. Tidak ada hembusan i’tikad baik dari pemerintah sampai sekarang”. Tegasnya.

Beberapa waktu yang lalu pasca aksi tersebut 9 Maret pihak DPRD bersama Kapolres Jember meninjau lokasi relokasi irigasi. Mereka menemukan fakta bahwa PT. Semen Imasco Asiatic tidak memilili izin relokasi.

Bupati Jember juga telah menyampaikan surat teguran lewat Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Jember, Ibu Yessy, kepada PT. Semen Imasco Asiatic agar relokasi irigasi segera di kembalikan karena menimbulkan keresahan bagi masyarakat Petani. Surat tertanggal 19 Februari 2020 lalu.

Namun sampai saat ini, teguran pihak pemerintah hanya sebatas angin segar sementara saja. Tidak ada upaya yang kongkrit untuk mengembalikan relokasi irigasi di Puger.“Pemerintah kabupaten Jember gagal dalam memenuhi keinginan sederhana masyarakat Petani Puger. Kami meminta agar pemerintah sekali lagi menyelesaikan masalah ini dan menutup kembali relokasi irigasi sesuai janjinya. Jangan banyak bicara dan janji. Tapi buktikan. Atau kami akan menggruduk lagi”. Tegas pria asal Sukowono tersebut yang menempuh S1 di Fakultas Hukum, Universitas Jember.

Hal senada disampaikan oleh Nurdiyanto, Koordinator Petani Puger Bangkit. “Kami mohon sekali lagi agar pemerintah jangan membiarkan masalah ini berlarut-larut. Kami sudah capek. Kami ingin keadilan. Kami hanya orang cilik. Selayaknya wakil rakyat memihak kami.” Ungkapnya.

Masalah relokasi irigasi oleh PT. Semen Imasco Asiatic sepertinya menjadi really panjang bagi petani Puger dan PC PMII Jember. “Berharap di bulan suci ini, kemenangan bagi petani dapat kami rasakan. Kami sudah sangat lelah. Tapi kami tak pantang mundur untuk memperjuangkan hak kami.” Tungkas Nurdiyanto.

Sumber: jatim.beritabaru.co

Share.

About Author

Redaktur pelaksana website PC IKA-PMII Jember. IKA PMII Jember Merupakan wadah bagi alumni dan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia untuk wilayah Jember dan Sekitarnya

Comments are closed.