Di Umur 60 Tahun, PMII Serukan Pemberantasan Korupsi dan Anti Diskriminasi

0

Jumat, 17 April 2020 bertepatan dengan terbentuknya Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) 60 tahun silam.

Namun, tiada terlihat lagi perayaan oleh para mantan aktivis untuk memperingati hari lahir organisasi ekstra kampus tersebut.

“Karena sekarang harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan saat bangsa ini dilanda wabah corona,” ujar Ketua Ikatan Keluarga dan Alumni (IKA) PMII Lumajang Pudoli Sandra.

Menurutnya, ditengah Covid-19 maka peringatan harlah hanya ditandai dengan berkumpul dalam skala terbatas dan bersama-sama membuat pernyataan sikap.

Pudoli menyampaikan, alumni PMII tetap menyerukan agar agenda reformasi pasca tumbangnya rezim Orde Baru terus dilakukan.

“Indonesia tanpa segala bentuk tindak pidana korupsi. Meskipun sekarang anggaran negara banyak digunakan menangani covid-19, harus tepat sasaran kepada rakyat yang berhak, tanpa diselewengkan oleh aparatur negara,” tegas pria yang berlatar belakang pengacara ini.

Sebab, pemerintah pusat hendak meluncurkan keuangan negara hingga ratusan triliun rupiah. Ditambah lagi, anggaran besar-besaran di semua pemerintah daerah mulai tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

Terpisah, Ketua IKA PMII Jember Akhmad Taufiq berharap seluruh komponen organisasi membantu pemerintah menghadapi wabah corona.

Kader maupun alumni ditekankan menjalankan prinsip Islam-kebangsaan dengan melawan setiap aksi intoleran.

“Komitmen untuk membangun Indonesia yang damai, toleran, dan bermartabat,” urainya dengan maksud agar tidak terjadi tindakan diskriminatif.

Dalam sejumlah kasus, korban wabah corona maupun keluarganya acapkali menuai stigma negatif, yang seharusnya tidak sampai terjadi.

Adapun tanggung jawab dari perjuangan reformasi, Taufiq mengutarakan tanggung jawab moral mengawal terwujudnya masyarakat sipil yang kuat.

“Semoga PMII senantiasa di garda depan dalam menjaga kritisisme dan mengambil inisiasi strategis bagi bangsa ini,” pungkasnya. (sut)

sumber: nusadaily.com

Share.

About Author

Redaktur pelaksana website PC IKA-PMII Jember. IKA PMII Jember Merupakan wadah bagi alumni dan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia untuk wilayah Jember dan Sekitarnya

Comments are closed.