Panitia Angket Harus Kerja Cepat dan Terukur

0

Bergulirnya penyelidikan oleh DPRD Jember terhadap Bupati Faida telah memasuki pekan kedua. Ikatan Keluarga dan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKAPMII) Jember mewanti-wanti parlemen.

“Hak angket ada limitasi waktu hanya 60 hari. Jangan main-main,” ujar Wakil Ketua IKAPMII Jember Muhamad Hadi Makmur, Minggu (12/1/2020). Menurut dia, Panitia Angket harus bekerja cepat dan terukur hasilnya membuktikan kebijakan Bupati yang berdampak luas. Pasalnya, angket bukan seperti rapat dengar pendapat biasa yang cenderung membahas kasus per kasus.

“Angket itu hak khusus yang hanya dimiliki oleh DPRD untuk menyelidiki kebijakan strategis kepala daerah,” urainya.

Makmur menyarankan kepada DPRD untuk memakai hasil pemeriksaan khusus Mendagri dengan Badan Kepegawaian Nasional, dan juga Komisi ASN terhadap Bupati Faida sebagai acuan agenda kerja Panitia Angket.

Selanjutnya, mendapatkan data dan fakta mengenai implikasi anggaran akibat kebijakan Bupati Faida yang berpotensi merugikan negara maupun kepentingan umum. Makmur mengingatkan, ekspektasi publik ke DPRD sudah terlanjur membesar karena mengemban misi kerakyatan.

“Agar senantiasa DPRD istiqomah menjaga martabat sebagai wakil rakyat. Jika angket gagal, kepercayaan rakyat bisa runtuh,” tukasnya.

Secara kelembagaan, IKAPMII telah mendukung Panitia Angket, bahkan mengkritik keras sikap Bupati Faida.

“Surat Bupati ke DPRD bentuk ketidakmatangan dalam memahami tata aturan bernegara dan mengindikasikan sikap otoriter,” tegas Makmur.

Yang dimaksud Makmur adalah surat Bupati nomor: 100/1001/1.10/2020 yang isinya melarang anak buahnya hadir ke DPRD, karena dia masih mengkaji keabsahan Panitia Angket.

Pasal 383 poin 2 dalam UU nomor 17 tahun 2014 tentang MD3 dan Pasal 171 poin 2 dalam UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemda, papar Makmur mengamanatkan pejabat pemerintah wajib memenuhi panggilan Panitia Angket.

“Keabsahan prosedur dan pelaksanaan hak angket tidak bisa ditafsiri sepihak oleh Bupati. Yang menentukan keabsahan yakni lembaga peradilan,” pungkasnya.

Sumber: suarajatimpost.com

Share.

About Author

Redaktur pelaksana website PC IKA-PMII Jember. IKA PMII Jember Merupakan wadah bagi alumni dan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia untuk wilayah Jember dan Sekitarnya

Comments are closed.