Tiga Kandidat Kuat Calon Rektor Unej

0

Siang ini, tujuh Bakal Calon Rektor (Bacarek) Universitas Jember akan dikerucutkan menjadi tiga nama. Yakni melalui rapat senat tertutup yang bertujuan untuk menentukan tiga calon. Tiga kandidat yang diprediksi cukup kuat antara lain  Zulfikar, Dafik, dan Iwan Taruna.

Tiga nama tersebut menjadi perwakilan dari berbagai organisasi ekstra kampus. Mulai dari PMII, HMI, dan GMNI. Ketiganya dinilai mendapat dukungan dari anggota senat dengan latar belakang merah, hijau, dan biru.

“KAHMI memberikan otoritas sebesar-besarnya pada senat dari KAHMI untuk memilih carek yang secara kualifikasi akademik dan manajerial terbaik,” kata Ketua Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jember Abdil Furqon. Menurut dia, organisasi alumni HMI yang dipimpinnya tidak memiliki sikap untuk mendukung siapa pun. Baik dari kalangan HMI, PMII, maupun GMNI.

Abdil Furqon menilai Zulfikar, Iwan Taruna, dan Dafik merupakan sosok yang begitu serius untuk maju dalam Pemilihan Rektor Unej.  Mukhammad Hykhal Shojat Ali, mantan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jember, juga memiliki sikap yang sama.

Yakni mendukung siapa pun Calon Rektor Unej yang memiliki tujuan untuk membangun Unej lebih baik. Namun, ketika dihadapkan pada ideologi, akan mendukung kader GMNI yang akan maju. “Prediksi dia yang akan lolos ke fase berikutnya adalah Iwan Taruna, Zulfikar, dan Dafik,” ujar pria yang kini jadi pengurus pusat GMNI ini.

Ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jember Akhmad Taufiq menambahkan, Pilrek Unej adalah bagian dari proses perjuangan dalam dimensi yang lebih luas mengenai nilai. Menurut Akhmad, instrumen nilai adalah ke-Aswaja-an.

Secara kelembagaan, IKA PMII juga membuka secara terbuka untuk bersama-sama membangun Unej. Dia memprediksikan, tiga kandidat yang dikerucutkan menjadi calon rektor adalah Dafik, Iwan Taruna, dan Zulfikar. Dafik tidak lain adalah kader PMII, sementara Iwan Taruna dari kader GMNI, dan Zulfikar dinilai sebagai sosok yang cukup serius untuk maju.

Ketua Panitia Pilrek Unej Moch Ali mengatakan, tahapan pilrek hari ini  adalah rapat senat tertutup untuk memilih siapa yang akan lolos menjadi calon rektor. “Nanti, calon rektor itu berjumlah tiga orang,” katanya. Hal sebagaimana diatur dalam peraturan Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). “Jadi, anggota Senat Unej ini memilih. Siapa tiga suara terbanyak, itulah yang jadi calon rektor,” tambahnya.

Setelah ada tiga nama yang diperoleh melalui rapat senat tertutup ini, maka tiga nama calon rektor akan dikirim ke Kemenristekdikti. “Rapat senat tertutup ini yang punya hak suara hanya senat. Menteri tidak ada, tapi boleh memantau. Menteri punya kewenangan suara saat pemilihan calon rektor dengan porsi sebesar 35 persen,” pungkasnya.

Sumber: radarjember.jawapos.com

Respon pembaca

80%
80%
Awesome
  • 8
  • User Ratings (1 Votes)
    9.9
Share.

About Author

Redaktur pelaksana website PC IKA-PMII Jember. IKA PMII Jember Merupakan wadah bagi alumni dan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia untuk wilayah Jember dan Sekitarnya

Comments are closed.