Industri Keuangan Digital Lebih Mudah Diakses UMKM

0

UMKM – Industri finansial atau keuangan saat ini terus berkembang menyesuaikan perkembangan zaman dan teknologi. Salah satunya adalah munculnya berbagai perusahaan keuangan yang memanfaatkan teknologi digital yang dikenal dengan Fintech atau finansial technologi.

Kehadiran Fintech mempermudah akses terhadap industri keuangan yang selama ini sangat susah diakses oleh sebagian masyarakat. Saat ini, setidaknya ada 60 perusahaan yang bergerak di sektor Fintech.

“Namun yang sudah berizin baru satu perusahaan saja. Sementara yang lain belum berizin alias ilegal,” terang Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Jember-Lumajang HM Nur Purnamasidi saat Seminar Nasional ‘Platform OJK dalam Pemberdayaan UKM di Area Industri 4.0’, Jumat (9/11/2018) sore di Hotel Panorama Jember.

Salah satu alasan berkembangnya Fintech yakni karena adanya pangsa pasar yang cukup potensial, seperti kelompok UMKM.

“Saat ini ada sekitar 59,3 juta unit UMKM. Tapi sayangnya hanya sekitar 29 persen saja dari UMKM tersebut yang sudah bisa mengakses pinjaman modal. Selebihnya masih kesulitan,” tambah pria yang akrab dipanggil Bang Pur tersebut.

Rumitnya persyaratan yang harus dipenuhi menjadi kendala pengusaha UMKM untuk mengakses pinjaman modal di lembaga jasa keuangan konvensional atau perbankan.

“Contohnya, saya punya binaan UMKM di Bangsalsari. Mereka memproduksi kerupuk ikan dengan perputaran uang Rp 7 juta perhari dan sanggup mensuplai kebutuhan di sejumlah daerah. Untuk mengembangkan usahanya, mereka sudah mengajukan KUR sejak 2014, tapi sampai sekarang belum bisa karena tidak ada jaminan yang digunakan sebagai agunan,” ungkap Purnamasidi.

Berbeda dengan lembaga jasa keuangan (LJK) konvensional, Fintech justru memberi kemudahan akses keuangan bagi para pelaku usaha.

“Fintech menawarkan pinjaman modal dengan persyaratan yang tidak serumit LJK konvensional. Tidak heran jika kemudian pada 2017 perputaran uang di Fintech mencapai Rp 2,5 triliun,” terangnya.

Share.

About Author

Redaktur pelaksana website PC IKA-PMII Jember. IKA PMII Jember Merupakan wadah bagi alumni dan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia untuk wilayah Jember dan Sekitarnya

Comments are closed.