Kirab Santri Nusantara PK PMII Unej

0

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Jember ikut andil pada peringatan hari santri nasional yang  ditetapkan pada tanggal 22 Oktober. Salah satu agenda kegiatan yang akan dilaksanakan adalah kirab santri yang di laksanakan di lingkungan Universitas Jember.

Kegiatan Kirab santri nusantara ini dihadiri oleh ratusan santri dari berbagai lembaga yang ada di lingkungan Jember. Diantaranya adalah Ikatan santri mahasiswa Darul Ulum, Bahrul Ulum, Amanatul Ummah, Nurul Jadid, Al Yasin, Matholi’um Anwar dll. Pada kegiatan tersebut juga di sambut oleh putra Mbah Muchit Muzadi (Gus Alfian) atau lebih di kenal Gus Ucuk.

Menurut panitia pelaksana kegiatan, acara kirab santri ini dalam rangka refleksi peran santri dalam menjaga kedaulatan bangsa dan menjaganya dari faham radikal yang terus mengikis toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Faham radikal dengan gampangnya masuk dan merusak aqidah masyarakat setelah kran reformasi terbuka dan banyak mempengaruhi di level mahasiswa hingga sekolah-sekolah menengah. Selain itu acara ini diharapkan akan terus mampu memupuk peran santri dalam menjaga moralitas bangsa yang disadari atau tidak mulai tergerus oleh hedonisme yang tidak sesuai aqidah dan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah.

Acara kirab santri ini di mulai dari lingkungan Universitas Jemebr. RUte di mulai dari masjid Al Hikmah kampus Universitas Jember, peserta kirab dengan memegang obor dan membacakan sholawat berjalan melalui bundaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jember. Di area Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jember peserta membacakan ikrar santri dan kegiatan di akhiri di Masjid Sunan Kalijaga yang terletak di Jalan Kalimantan Jember.  Kegiatan kirab Santri Nusantara ini kemudian di lanjutkan dengan tausiyah oleh KH. Zainul Fanani.

Respon Anda

50%
50%
Awesome
  • 5
  • User Ratings (6 Votes)
    7.2
Share.

About Author

Redaktur pelaksana website PC IKA-PMII Jember. IKA PMII Jember Merupakan wadah bagi alumni dan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia untuk wilayah Jember dan Sekitarnya

Comments are closed.